Senin, 25 Oktober 2010

TUGAS 3

PERALATAN INPUT


Input data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input untuk sistem yang lain. Peralatan input memungkinkan pemakai untuk memasukkan informasi (data) ke dalam komputer untuk tujuan ana lisis maupun penyimpanan, sebagaimana memberikan perintah (command) kepada komputer.

Keyboard


Keyboard merupakan peralatan input yang paling banyak digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer. Dengan menekan sebuah tombol, keyboard akan men-generate kode yang merepresentasikan karakter yang berhubungan dengan tombol tersebut

Bar Code


Bar code adalah suatu peralatan input yang didesain untuk tujuan yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner.


· Contoh : Aplikasi Bar-Code

o super-markets

o stock inventory

o Sistem perpustakaan untuk katalog buku


· Penjelasan detail tentang Bar-Code

· Tiap digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang berurutan

· Tiap digit karakter dapat dipecah ke dalam tujuh elemen

· Digit dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left half

· dari simbol bar code Semua digit pada left have memilih jumlah garis hitam ganjil dandimulai dengan garis putih

· Semua digit pada right half memiliki jumlah garis hitam genap dan dimulai dengan karakter hitam.

· Memungkinkan scanning dalam segala arah.

· Dua kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua garis Hitam

· Dua garis hitam tersebut digunakan untuk menandai permulaan dan akhir dari simbol bar code.

· Universal Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan kode

produk

PERALATAN INPUT GRAFIS


Scanner mengubah sinyal analog menjadi digital, dengan image digital yang baru disimpan sebagai file gambar, maka gambar tersebut dapatdimodifiikasi dengan menggunakan program grafis, atau dapat dimasukkan sebagai dokumen dalam presentasi multimedia. Berikut ini akan dibahas beberapa peralatan input grafis.


Hand Scanners


Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan. Hanya dengan menyentuhkan ke image yang akan discan. Meskipun resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini dapat digunakan di manapun, kapan saja. Misal untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek gambar seperti peta.


Flatbed & Keyboard Scanners


Flatbed scanner adalah salah satu tipe scanner yang paling umumdigunakan. Dokumen yang akan di-scan bisa diletakkan pada tempat lembaranberkaca dan kemudian bagian atasnya ditutup. Kemudian scanner akan melakukanscan sepanjang dokumen dan menyimpannya ke dalam memori komputer. Tipe scanner yang lain adalah keyboard dengan scanner yang dibuat di dalamnya.


Drum Scanners


Drum scanner digunakan pada saat kebut uhan akan resolusi image yang tinggi dan biaya tidak menjadi pertimbangan utama. Peralatan ini umum digunakan untuk tujuan bisnis dengan hasil image yang berkualitas tinggi yang digunakan secara umum untuk terbitan majalah atau buku. Pada scanner ini, dokumen discan dan diputar sepanjang drum dengan kecepatan tinggi. Selama drum berputar, laser digunakan untuk mengiluminasikan gambar perbaris. Umumnya diperlukan waktu penyelesaian beberapa jam.

PERALATAN OUTPUT (Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Peralatan output dapat berupa:

*Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

*Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

*Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

*Printer dan Plotter

Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.

*Monitor

Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

*Infocus

Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).

Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

Macam macam memori 2
MACAM-MACAM MEMORY
Kata "memory" digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data yang bisa diproses.
Fungsi memory adalah untuk menyimpan data dan program.
Berdasarkan kecepatannya memory ada 4 macam yaitu :
1. Register
2. Cache memory
3. Main memory
4. Sekunder memory
Sehingga dapat dibuat hirarki memory seperti table berikut:
TERCEPAT
TERLAMBAT REGISTER
CACHE MEMORY
MAIN MEMORY
SEKUNDER MEMORY
Selain menyatakan hubungan kecepatan , hirarki tersebut juga menyatakan hubungan-hubungan lain , yaitu:
- Hubunan harga : semakin kebawah semakin murah (harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data tersimpan ).
- Hubungan kapasitas : semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
- Hubungan frekuensi pengaksesan : semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Sertiap kali pemroses melakukan eksekusi , pemroses harus membaca instruksi dari memory utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memory pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi.Kecepatan ekseekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memory dua level yaitu ditampung dulu sementara di memory pada hirarki lebih tinggi.
1. REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory dimana kecepatan acces yang paling cepat, memory ini terdapat pada Cpu/processor.
Contoh :
Register data, register alamat , stack pointer register, Memory Address Register, I/O Address Register, dll.
2. CACHE MEMORY
Memory berkapasitas terbatas,berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
Cache memory ini ada 2 macam yaitu :
1. Cache memory yang terdapat pada internal Processor, cache memory jenis ini kecepatan accesnya sangat tinggi ,dan harganya sangat mahal.Hal ini bias terlihat pada processor yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-ATHLON dllsemakin tinggi kapasitas L1,L2 Cache memory maka semakin mahal dan semakin cepat processor.
2. Chace memory yang terdapat diluar processor , yaitu berada pada Mother board , memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi meskipun tidak secepat cache memory jenis pertama (yang ada pada internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat.hal ini dapat kita lihat pada motherboard dengan beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256 kb,512 kb,1 Mb, 2 Mb dll.
3. MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Jenis memori utama yaitu:
-Random Access Memory (RAM)
Ketika orang berpikir mengenai memory komputer, maka seringkali random access memory (RAM) lah yang mereka maksudkan. RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:
data untuk diproses;
instruksi atau program, untuk memproses data;
data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer
Semua data dan instruksi tadi ditampung di dalam RAM secara temporer. Isi dari RAM bisa berubah-ubah sesuai dengan data yang diproses di dalamnya, atau juga program yang menggunakannya. RAM merupakan sumber daya komputer yang sifatnya reusable atau bisa digunakan kembali.
Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebu mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. Karena RAM bersifat temporer dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetic tape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.
Ada beberapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM dll.
Kapasitas penyimpanan dari RAM sangat beragam dalam berbagai komputer. Kapasitas merupakan faktor yang penting, karena dia menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar dan kompleks progam yang bisa menempatinya. Sistem operasi di dalam komputer bertugas untuk mengatur penggunaan RAM sehingga program bisa berjalan dengan baik. Untuk mengerti kapasitas dari RAM, maka beberapa terminologi berikut ini sering digunakan.
Bit, yaitu suatu sistem penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari data dalam suatu sistem komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angka yaitu 1 dan 0. Di dalam komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik atau magnetis adalah tiada atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya.
Byte, yaitu suatu grup dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter, satu digit atau satu nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM, dinyatakan di dalam bytes atau sekumpulan dari bytes.
Data, instruksi dan program yang disimpan di dalam RAM sebenarnya disimpan dalam bentuk kumpulan bits yang merepresentasikan data, instruksi dan program tadi. Bit-bit ini disimpan ke dalam suatu bagian elektronik yang mikroskopis yang disebut dengan kapasitor.
-Read Only Memory
Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya non volatile. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain. Chip ROM dapat berisi program yang sering digunakan, seperti rutin-rutin komputasi untuk menghitung akar suatu bilangan dan lain sebagainya.
Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang diuat oleh pabriknya. BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang mana fungsinya memberi tahu komputer bagaimana caranya mengakses disk drive. Ketika komputer dinyalakan, RAM masih kosong dan instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi. Komputer lalu memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan kemudian menjalankannya.
Ada 4macam variasi dari ROM, yaitu:
- PROM, atau programmable read only memory. Yaitu rom yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.Chip PROM adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus. Chip PROM dapat diprogram sekali dan biasanya digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam produk-produknya.
- RPROM,atau Re progamable ROM.Merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
- EPROM, atau erasable programmable read only memory. EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
- EEPROM, atau electronic erasable programmable read only memory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.
5. MEMORI SEKUNDER
Memori sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program .contohnya : hardisk,floppy disk,disket, flashdish,dll.
Macam-Macam Processor
Processor adalah otak (CORE) dari sebuah komputer, karena device inilah semua perintah akan diproses, proses yang dilakukan dengan sistem bergantian.

Processor ada 2 pabrikan yang cukup terkenal dalam memperebutkan pasar Processor di dunia, yaitu INTEL dan AMD.

a. INTEL Corporation merupakan perusahaan processor PC yang menjadi pemain lama yang sangat terkenal dengan produksi processornya yang diberi nama Pentium, sejak munculnya Pentium MMX yang sudah mendukung multimedia membuat processor ini merajai pasar kala itu. Lalu muncul Pentium 2, Pentium 3, dan Pentium 4. Nama PENTIUM sudah melegenda sehingga dibenak semua orang ketika membeli computer selalu menyebut nama processor yang satu ini.

Produk Intel : Pentium sd Pentium 4, Celeron, Xeon, ATOM, Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 quad, Core 2 extreme, dan yang terbaru Core i7. Pentium 1 – 4 dan termasuk variannya tergolong single atau solo Core (satu otak dalam satu die/chip processor), adapun untuk dual core hingga Core i7 termasuk double Core (terdapat lebih dari satu otak dalam setiap die/chip processor) dan ini merupakan teknologi terobosan Intel yang yang luar biasa.

b. AMD, ini merupakan nama pabrikan processor yang tidak sepopuler Intel, namun bukan berarti produknya tidak berkualitas. Justeru Produk AMD begitu digemari oleh para entusias Gamer, Multimedia dan Desain Graphis. Tentu saja hal ini hanya dikenal oleh mereka yang sudah benar-benar mengenal dunia computer. Bagi kaum awam, mereka masih asing dengan nama AMD. Kelebihan AMD yang paling dominan adalah harga yang lebih murah dengan kemampuan yang setara dari pada produk INTEL.

Produk AMD : AMD K5, K6, K6-2, K6-3, Barton, Xillion, Turion, Duron, Athlon, Sempron, Athlon X2, Opteron, Phenom x4.

Memori memori terdiri dari :

- ROM (Read Only Memory) ini merupakan memori yang ditanamkan dalam perangkat yang berisi informasi tentang perangkat itu sendiri yang tidak dapat diubah namun dapat dibaca. Contoh dalam hal ini adalah Informasi didalam Chipset pada motherboard.

- RAM (Random Access Memory) ini merupakan memori utama yang cukup mempengaruhi kecepatan kerja dari sebuah computer. Hardware ini yang disebut modul RAM yang bisa kita gonta-ganti ke dalam computer kita. RAM jenisnya berubah mengikuti perkembangan Processor, dulu zaman Pentium 1 masih menggunakan EDORAM, di zaman Pentium 2 dan 3 diganti dengan SDRAM yang lebih panjang dan jumlah kaki pin lebih banyak dan tentu saja kecepatan akses lebih cepat. Kemudian di zaman Pentium 4 berubah lagi menjadi DDRAM dengan panjang sama dengan SDRAM akan tetapi jumlah pin kaki lebih banyak dan kecepatan akses lebih cepat. Setelah hadirnya dual core dalam satu processor maka muncul pula DDRAM type 2 disebut DDR2, ini memiliki kaki pin lebih banyak dari DDR1 dan kecepatannya pun meningkat cukup tajam.

Nah setelah dalam satu chip processor ditanamkan core hingga lebih dari 4 core, maka hadirlah DDRAM generasi ke 3 yang disebut DDR3, RAM ini dibuat lebih cepat, bertenaga dan kapasitasnya lebih besar.

- Cache : cache merupakan memori yang berkecepatan tinggi yang ditempatkan diantara register dan RAM, fungsinya sebagai penampung data/intruksi sementara yang paling sering di jalankan sehingga didalam prosesnya processor tidak harus selalu mengakses RAM utama untuk mengolah data atau menjalankan intruksi akan tetapi cukup dengan berinteraksi dengan Cache memori yang sudah ditanamkan didalam processor itu sendiri, karena itu tidak heran jika processor zaman ini senantiasa terdengar besaran memori pada L1 Cache, atau L2 Cache, dan L3 cache untuk versi dual core keatas. Dan memori ini sangat mahal, sehingga harga processor akan sangat mencolok selisihnya jika didalamnya tertanam besaran Cache yang berbeda.

Display : ini terkait dengan bagian tampilan grafis computer. Ada 2 jenis VGA dipasaran :

- VGA Onboard : untuk jenis ini, kartu display-nya sudah ditanamkan menjadi satu dengan motherboard dan umumnya memori yang digunakan mencuri (mengambil/share) dari memori utama (RAM), karena itu jangan terkejut jika anda memiliki RAM 1 Gigabits ternyata tersisa 512 mb.

Hal ini terjadi karena RAM utama anda kapasitasnya diambil oleh VGA onboard separuhnya, sebab kapasitas memori VGA onboard anda 512 mb. Dari sisi kinerja tentu saja VGA jenis ini banyak memiliki keterbatasan, baik dari segi fitur maupun dari segi kemampuan lainnya. Bagi anda seorang GAMER atau suka Rendering video atau banyak berkutat dibidang desain Grafis dan multimedia, VGA onboard bukanlah pilihan yang tepat.

- VGA Add-on : untuk kartu VGA jenis ini didesain terpisah dengan Motherboard, kelebihannya ia memiliki Processor Grafis sendiri dan juga memiliki kapasitas memori sendiri yang tentu saja tidak tergantung dengan RAM utama sebagaimana yang onboard. Umumnya jenis Add-on ditanamkan banyak fitur dan lebih gegas dalam mengolah aneka grafis dan multimedia. Untuk VGA card jenis ini yang patut diperhatikan adalah : kapasitas memori pilih yang besar missal 256 mb atau 512 mb, lebar bandwith besar missal 128 bit atau 256 bit, jenis RAM yang dipakai GDDR tertinggi missal GDDR3 atau GDDR5, menggunakan Processor tercepat misal GPU Core Clock 650 Mhz atau 750 Mhz, support DirectX terbaru missal DirectX 9 atau 10, dan sebagainya.

Processor dari zaman dahulu sampai sekarang :

1.September tahun 1975 IBM Portable PC 5100

Model 5100 adalah pertama dari IBM microcomputer, yaitu tidak Mainframe,dan juga dianggap pertama di dunia komputer portabel. Meskipun beratnya 55 pounds, mungkin terbaik digambarkan sebagai “serba lengkap” yang terdapat pada “portable” saat itu.

Terdapat sedikit sekali komputer lain yang tersedia pada saat itu, danbahkan tidak ada yang dekat dengan kemampuan dari 5100. Ia adalah sistem yang sangat lengkap dengan built-in monitor, keyboard, dan penyimpanan data. 5100 juga sangat mahal – sampai US $ 20.000 atau seharga RP 214,000 pada saat itu . 5100 yang dirancang khusus untuk profesional dan ilmiah masalah solvers, bukan bisnis atau pengguna hobbyists.

2.Tahun 1977 Rockwell AIM 65

Untuk biaya rendah prototip atau rendah sampai medium volume produksi,Rockwell menawarkan diperpanjang keluarga tingkat papan “blue collar” produk, mudah-desain dan diterapkan.

The AIM 65 (Tingkat lanjut berbasis R6500 Interaktif Microcomputer) adalah di bawah 500 microcomputer, lengkap dengan keyboard, layar dan hard copy printer. Memiliki pilihan yang luas, banyak antarmuka dan perluasan kemampuan. AIM 65 yang juga merupakan pengembangan sistem mini dengan harga yang paling evaluasi boards. Selain membuka papan biru-coller versi, AIM 65 yangtersedia di dalam kardus, lengkap dengan listrik, untuk digunakan sebagai atas meja komputer.Apapun aplikasi Anda, alat untuk belajar, sistem evaluasi, atau industri Controller, sebuah blue-collar AIM 65 merupakan solusi ekonomis

3. Februari tahun 1978 IBM Portable PC 5110

IBM 5110 komputer ia adalah ‘bisnis versi’ yang asli IBM 5100 dari 3 tahun sebelumnya, yang dirancang terutama untuk mathematicians and engineers.

Sedangkan 5100 hanya tape drive untuk penyimpanan data dan aplikasi yang baru 5110 yang baru sekarang mendukung IBM 5114 dual eksternal 8-inch floppy drive yang tidak hanya lebih cepat, tetapi masih banyak lagi memegang data.

Fitur-fitur baru dan bisnis yang berhubungan dengan perangkat lunakmenjadikan 5110 lebih bermanfaat dan menarik bagi usaha elite.

4.Tahun 1979 Heathkit H89

Mengikuti keberhasilan mereka Heathkit H8 dari komputer 1977, Heathkit yang dirilis Heathkit H89 “all-in-one” komputer pada akhir 1979.

Sistem ini tersedia baik sebagai sebuah kit yang akan dikumpulkan olehpembeli (model H89), atau sebagai dikumpulkan dan diuji sistem (model WH89), walaupun WH89 biaya $ 700 lebih.

Yang kedua adalah H89-tujuan umum terminal dan berkualitas tinggi komputer, terpisah dengan prosesor Z80 dan circuity untuk setiap fungsi.

5. April tahun 1981 Osborne 1

Dirilis pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation, Osborne 1 yang dianggap sebagai yang pertama benar portabel komputer – ia menutup-up untuk perlindungan, dan telah melakukan yang menangani. Bahkan memiliki pilihan paket baterai, sehingga tidak perlu terhubungkan pada outlet 110VAC untuk daya.

Sementara cukup revolusioner, Osborne yang tidak memiliki keterbatasan.Misalnya, layar hanya 5 “(diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks.

Untuk kompensasi, sebenarnya Anda dapat menggulir tampilan layar bolak-balik dengan tombol kursor untuk menampilkan baris teks hingga 128 karakter lebar.

* Intel pertama kali pada tahun 1974 dengan membuat sebuah processor yang dinamakan MCS4 (4bit).Tuh processor yang dipasang di kalkulator. Lalu, pada tahun yang sama pula, Intel membuat processor i440 yang rencananya bakal dipesan oleh Jepang untuk dipasang di kalkulator. Tapi sayang, processor ini terlalu canggih sehingga Intel membeli hak gunanya untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut.

* Tahun 1972, Intel memproduksi i8008 (8bit), sayangnya masih multivoltage, jadi agak kurang disukai. Lalu, muncul i8080 (8bit), dah pake triple voltage, ada clock generatornya, trus pake teknologi NMOS (bukan PMOS lagi)
* Tahun 1977, muncul i8085, clock generatornya udah onprocessor
* Tahun 1978, processor i8086 (16 bit), direlease dengan menggunakan teknologi HMOS. Akan tetapi, komponen2 pendukung processor ini saat itu masih langka sehingga harganya menjadi sangat mahal. Sehingga muncul i8088 (16bit bus internal dan 8 bit bus external) dapat memakai komponen bekas punya i8008. Begitu populernya chip ini saat itu, NEC pun meluncurkan chip yang dibangun berdasarkan spesifikasi i8088. Kalo ga salah dikasih nama V20 dan V30. NEC V20 dan V30 kompatibel dengan Intel sampai level bahasa assembly (software).

* Lalu muncul i80186 dan i80188. Sejak saat ini processor mulai dikemas dalam bentuk LCC, PLCC, dan PGA 68 kaki. Secara fisik, i80186 berbentuk bujursangkar dengan 17 kaki persisi (PLCC/LCC) atau 2 deret kaki persisi (PGA) dan mulai dari i80186 inilah chip DMA dan interrupt controller disatukan ke dalam processor
* Untuk meraih momentum yang hilang dari i80186, Intel membuat i80286 (16bit), prosesor dengan register 16-bit, bus eksternal 16-bit, mode protected terbatas yang dikenal dengan mode STANDARD yang menggunakan memori addressing 24-bit yang mampu mengakses maksimal 16 MB memori. Tentu saja, i80286 kompatibel penuh dengan chip-chip seri 808x sebelumnya, dengan tambahan beberapa set instruksi baru. Sayangnya chip ini memiliki beberapa bug pada desain hardware-nya, sehingga gagal mengumpulkan pengikut
o Tahun 1985, Intel meluncurkan desain yang baru, sama sekali berbeda dengan yang terdahulu, i80386 (32bit). Processor ini masih mempertahankan kompatibilitas dengan generasi sebelumnya. Oh iya, ada tambahan pada i80386, yaitu mode PROTECTED – 32BIT, untuk memory addressing 32 bit, mampu mengakses max-4GB, dan tambahan beberapa instruksi baru. i80386 dikemas dalam bentuk PGA (Pin Grid Array)

* Sekitar tahun 1989, Intel meluncurkan i80486DX yang tentunya sangat popular saat itu (sekarang masih ada gak ya?) karena chip ini lebih cepat dari seri i80386 serta didukung oleh FPU internal dan clock multiplier, tanpa adanya tambahan instruksi baru.

Baru tahun 1993, Processor yang dinamakan Pentium diluncurkan oleh Intel. Pentium memiliki struktur PGA yang lebih besar. Kelihatannya gak da sama sekali yang special dari chip ini, hanya saja standar VLB yang dibuat untuk i80486 tidak cocok (bukan tidak kompatibel) sehingga para pembuat chipset terpaksa melakukan rancang ulang untuk mendukung PCI. Kenapa diberi nama Pentium oleh Intel? Padahal seri2 yang terdahulu memakai angka. Kenapa tidak diberi nama saja P3NT1U44, atau i80486?? Alasannya, Intel memakai nama Pentium untuk meng”hambat” saingannya. Soalnya Intel saat itu abis kalah di pengadilan paten. Alasannya sih, angka tidak bisa dijadikan paten. Makanya sejak saat itu Intel menggunakan istilah Pentium menggunakan TM.

* Tahun 1995, kemunculan Pentium Pro. Inovasi disatukannya cache memori ke dalam processor menuntut dibuatnya socket 8 . Pin-pin prosesor ini terbagi 2 grup: 1 grup untuk cache memori, dan 1 grup lagi untuk prosesornya sendiri.
* Tahun 1996, Pentium MMX diluncurkan oleh Intel. Sebenernya chip ini sama saja dengan Pentium, hanya saja diberi unit tambahan dan instruksi tambahan MMX .

* Tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II, Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki 2 inovasi : cache memori tidak menjadi 1 dengan inti prosesor seperti Pentium Pro , namun berada di luar inti namun berfungsi dengan kecepatan processor. Inovasi inilah yang menyebabkan hilangnya kekurangan Pentium Pro (masalah pengosongan cache) Inovasi kedua, yaitu SEC (Single Edge Cartidge).

* Kemudian muncul Pentium III yang tentunya mengalami sedikit perkembangan dari Pentium II.
* Lalu sekitar tahun 2000an, Intel merilis Intel®Pentium®4 Processor. Desain processor ini mengizinkan processor agar dapat berfungsi sebagai “two logical processor” yang dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.
* April 2006, Intel kembali merilis sebuah processor, “Intel® Dual Core Processor”. Processor ini memiliki dua inti di dalamnya. Jadi, menjalankan beberapa aplikasi sekaligus akan terasa lebih cepat daripada memakai Pentium 4.
* Lalu, terakhir Intel meluncurkan sebuah processor baru lagi. Core 2 Duo atau yang biasa disebut Quad Core.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar