Kamis, 28 Oktober 2010

TUGAS 4


Makalah

Software (perangkat lunak)
Tugas 4
Pengantar teknologi informatika



Nama             : lusi efrenti
No. bp            : 100109018
Jurusan       :teknologi informatika
Prodi             : manajemen informatika
Kelas            : mi 1b 1



Fakultas politeknik negeri padang
Tahun ajaran 2010/2011



 Pendahuluan
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputerkernel" suatu Sistem Operasi. pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "

1.   Pengertian perangkat lunak
Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware)
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh  komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

2.   Jenis Perangkat software lunak dan fungsinya
1.       Lunak sistem

Juga disebut sebagai sistem operasi, itu adalah perangkat lunak yang digunakan oleh komputer untuk mengkonversi dan menerjemahkan input dari sumber yang berbeda ke dalam bahasa mesin. Ini adalah tugas OS untuk mengatur komponen perangkat keras komputer. Itu juga merupakan perangkat lunak Sistem menawarkan perisai perlindungan untuk semua aplikasi perangkat lunak lainnya. Dengan OS, dukungan juga diberikan kepada komponen fisik dari komputer. Banyak Os ada di pasar. Sistem operasi jendela adalah salah satu yang telah membuat banyak gelombang dalam sistem industri perangkat lunak. Sistem operasi lain juga berlimpah. Di antaranya adalah UNIX, yang digunakan untuk kantor besar setup dengan jaringan yang kuat. Kami juga memiliki HP-UX dan AIX, digunakan oleh komputer HP. Apache OS juga populer terutama dengan web server.


2. Perangkat lunak aplikasi:


Perangkat lunak aplikasi yang paling umum dikenal dan digunakan jenis perangkat lunak komputer. Perangkat lunak aplikasi mencakup hampir semua hari-hari kegiatan yang dilakukan dengan komputer. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft office suite yang meliputi Word, Excel, penerbit dan PowerPoint. Banyak orang secara ekstensif menggunakan aplikasi tersebut. Internet explorer, Netscape dan Mozilla Firefox, orang memperoleh akses untuk mengakses internet. Mengekspresikan pandangan adalah perangkat lunak yang digunakan untuk pengelolaan email. Salah satu ciri dari perangkat lunak aplikasi adalah antarmuka pengguna.


3. Lunak bahasa pemrograman:


Jenis perangkat lunak komputer yang secara eksklusif digunakan oleh pemrogram komputer. Sebuah bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk membuat perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi. Peralatan dasar yang digunakan oleh perangkat lunak pemrograman Compiler, interpreter, linker dan teks editor. Contoh perangkat lunak jenis ini adalah C + +, Simlab dan Jawa. Java adalah bahasa pemrograman untuk aplikasi internet. Kebanyakan program profesional pengembang menggunakan bahasa C + +. Program ini juga dapat digunakan dalam mengembangkan sistem operasi. PHP adalah bahasa lain digunakan untuk aplikasi internet. Sebuah kelas baru bahasa sekarang ada untuk perangkat mobile. Ini adalah ringan bahasa yang digunakan untuk merancang aplikasi mobile.


Semua Perangkat lunak komputer bekerja dengan bahasa pemrograman. Proses berjalan seperti reaksi berantai. Rantai ini dimulai dengan mentransfer perintah. Lunak komputer membangkitkan kode Machine yang berakhir seluruh proses.
3.Perangkat lunak tak bebas
Perangkat lunak tak bebas (bahasa Inggris: proprietary software) – kadang disebut perangkat lunak berbayar, perangkat lunak sumber tertutup, perangkat lunak proprieter atau perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh proprietor atau pemegang hak. Pembatasan-pembatasan ini dapat dilakukan secara teknis maupun hukum, atau pun keduanya. Cara teknis dilakukan misalnya dengan memberikan berkas biner terbaca-mesin kepada pengguna dan menyimpan kode sumber terbaca-manusia. Cara hukum dapat melalui lisensi perangkat lunak, hak cipta, dan hukum paten. Hak eksklusif secara hukum atas perangkat lunak tak dibutuhkan oleh seorang proprietor suatu perangkat lunak untuk menjadi perangkat lunak tersebut tak bebas, karena perangkat lunak domain publik dan perangkat lunak di bawah suatu lisensi permisif dapat menjadi perangkat lunak tak bebas dengan mendistribusikan versi kompilasi program tanpa menyediakan kode sumbernya.
Pembatasan perangkat lunak tak bebas membuatnya menjadi antonim dari perangkat lunak bebas. Oleh perangkat lunak bebas, hukum yang sama yang digunakan oleh perangkat lunak tak bebas digunakan untuk mempertahankan kebebasan untuk menggunakan, menyalin, dan memodifikasi perangkat lunak. [1] Perangkat lunak tak bebas mencakup freeware dan shareware. Perangkat lunak ini dapat berupa perangkat lunak komersial, meskipun perangkat lunak domain publik dan perangkat lunak bebas lainnya juga dapat dijual untuk suatu harga tertentu dan digunakan untuk tujuan komersial.

4.Perangkat lunak bebas

Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.
Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunak bebas, perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi, atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yang merintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983, bertujuan untuk memberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer.
Dengan konsep kebebasan ini, setiap orang bebas untuk menjual perangkat lunak bebas, menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah perangkat lunak bebas dapat pula menyebarluaskan perangkat lunak bebas tersebut secara gratis. Model bisnis dari perangkat lunak bebas biasanya terletak pada nilai tambah seperti dukungan, pelatihan, kustomisasi, integrasi atau sertifikasi.
Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas. Sejak akhir tahun 1990-an, beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebas digulirkan seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (open-source software), "software libre", "FLOSS", dan "FOSS".
Saat ini, umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun/dikembangkan oleh suatu paguyuban terbuka. Anggota-anggota paguyuban tersebut umumnya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak tersebut


Contoh perangkat lunak bebas

Beberapa perangkat lunak bebas yang dikenal secara internasional:













PEMBAHASAN

A.  NAMA-NAMA SOFTWARE
Program komputer memiliki banyak lisensi. Diantaranya ada Open Source, Freeware, Shareware, Adware dan software dengan lisensi berbayar. Dengan software berbayar sepertinya kita sudah akrab, namun masih banyak jamu-jamu gratisan yang bisa membaut software berbayar menjadi gratis karena di crack dengan program pembajak program yang berupa loader, cracker atau key generator.
Untuk software gratis kita sering bingung dengan istilah-istilah software yang cukup banyak seperti yang disebutkan diatas. Disini menjelaskan sedikit tentang apa itu Open Source, Shareware, Adware dan Freeware.
1.      Open Source
Open source adalah software gratis dengan kelebihan si pengguna dipersilahkan untuk melihat, mengubah source code. Karena terbukanya kode-kode tersebut, si pemakai diperbolehkan untuk merubah dan mengembangkan software tersbut dengan beberapa catatan untuk tidak mengubah nama program dan tidak mengganti nama pencipta software.
2.      Freeware
Freeware adalah software yang diberikan secara gratis, namun source code dari program tersebut tidak dibuka untuk dilihat dan diubah oleh pengguna. Tapi kita sudah sangat beruntung bisa menggunakan software tersebut secara cuma-cuma.
3.      Shareware
Shareware sama-sama gratis dengan freeware, namun shareware ini memiliki masa waktu dalam penggunaannya dengan kata lain software shareware ini seperti masa percobaan bagi pengguna untuk menggunakan program berbayar. Umumnya semua program berbayar tersedia versi sharewarenya dan masa berlakunya berbeda-beda, ada yang menggunakan hitungan menit seperti software-software game dari popcap dan yang menggunakan hitungan hari maupun bulan. Ketika masa berlaku shareware habis, anda dituntut untuk membeli lisensi program melalui telepon atau internet untuk mendapatkan lisensi yang berupa serial code atau program activator.
4.      Adware
Adware berbeda lagi dengan freeware, ada adware yang berbayar dan adware yang gratis. Adware adalah software biasa pada umumnya. Perbedaannya pada program tersebut adware disisipi oleh iklan yang mendanai software tersebut. Karena iklan tersebut lah maka software tersebut dinamai adware yang berasal dari kata advertise atau iklan



Daftar nama software
  •      BootingWareHouseWarFare
  •     1 Click
  •      American Pride The Return
  •      Astro
  •      Awa-Power
  •      ChaoticsGodComplex
  •      ChaoticsWolverine
  •      Dark Reapers
  •      Decentboot
  •      DeepDeepTrouble
  •      Drama-Solver Resurrection
  •      In The End Till Death Do Us Part
  •      La cosa nostra
  •      Lamers-cold-blue-death
  •      RoomDestroy
  •     Silver Star
  •     Sonic Disconnect
  •     Y!-Predator
  •      Y! Terrorism
.

B.   Daftar nama perusahan pembuat software
  1.     jogjaide
     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia] 
  2.       Aan Technolgist
    [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  3.   BLESSING TONER     [MAKASSAR, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  4.  cv. garis utama
    [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia] 
  5.    CV Yangwie COM
    [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  6.   Autorized Reseller Ussi Sulawesi Selatan    21 Aug. 2009, 19:34:10
    [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  7.    MakassarWeb     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  8.  Direktori Bisnis Makassar www.makassarbisnis.com     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  9.    Ridho Grafika     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  10.   Aliensoftindo     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  11.  CEPERPOOL PRODUCTION     [MAKASSAR, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  12.   Visual Data     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  13.   CV. CAHAYA SURYA KOMPUTER     [MAKASSAR, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  14.   CV. Interbit Cipta Mandiri     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
  15. .  Sistek Computer     [Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia]
Halaman ini berisi situs yang menyediakan download software dari yang gratis, trial dan membayar, di antaranya:
  1. http://www.piriform.com/download Berisi software Ccleaner untuk menghapus sampah komputer dan registry tdk terpakai, Defraggler untuk mendefrag, Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus dan speccy untuk melihat spesifikasi komputer/laptop seperti nama ram, hardisk, os dll.
  2. http://win.softpedia.com/ Berisi banyak software yang dapat di download dengan kategori windows untuk lebih jelas klik aja langsung link diatas.
  3. Filehippo.comBerisi beberapa software SEMUANYA GRATIS yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti Browser and Plugins, File Sharing, Messaging and Chat, File Transfer, Office and News, Developer Tools, Anti-Malware, Firewalls and Security, System Tuning, Compressions and Backup, Networking and Admin, Audio and Video, Cd and Dvd tools, Desktop, Photos and Images, Drivers
  4. www.Iobit.com/download.htmlBerisi beberapa software gratis, trial dan membeli seperti Advanced System Care, Security 360, Smart Defrag, Game Booster, Random Password Generator, Advanced Uninstaller, Smart Defrag Server 2010
  5. www.download3000.com/showarticles-showall.htmlBerisi beberapa software gratis, trial dan membeli yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti Audio dan mp3, Business, Development tools, Education, Games, Graphics and Video, Home/Hoby, Internet, Shell & Desktop enhancements, Utilities.

C.     JENIS PENGGUNAAAN


Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.



Bahasa Pemrograman
è Program
·         Kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh computer.
·         Dibuat dengan tujuan untuk mempermudah user dalam memberikan instruksi / perintah ke computer.
è Bahasa Pemrograman
·         Merupakan prosedur/tata cara penulisan program. Pada bahasa pemrograman terdapat dua faktor penting, yaitu sintaks dan semantik. Sintaks adalah aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan. Semantik adalah aturan-aturan untuk menyatakan arti.
·         Fungsi Bahasa pemrograman adalah sebagai media untuk menyusun dan memahami serta sebagai alat komunikasi antara pemrogram dengan computer.
·         Tahap pengembangan program
·   Kualitas bahasa pemrograman:
·   Ekspresivitas : secara jelas menggambarkan algoritma yang dibuat oleh programmer
·   Dapat didefinisikan dengan baik : sintaks dan semantik harus konsisten tidak bermakna ganda
·   Tipe data dan strukturnya : berkemampuan untuk mendukung berbagai tipe data
·   Modularitasnya : harus mempunyai fasilitas subprogramming (modul)
·   Fasilitas masukan dan keluaran : harus mendukung berbagai model file (sequential, random, access, index, multiple index) dalam pemrosesan masukan dan keluaran
·   Portabilitas : harus dapat dipakai pada berbagai mesin komputer yang berbeda
·   Effisiensi : dapat dikompilasi dan dieksekusi secara cepat pada mesin komputer dimana program dapat diimplementasikan
·   Mudah dipelajari : harus mudah dipahami dan diajarkan
·   Bersifat umum : memiliki jangkauan luas untuk berbagai aplikasi
è Pemrograman
·    Merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah (= algoritma) dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman
·    Secara umum terdapat 4 kelompok Bahasa Pemrograman yaitu:
Ø  Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Dephi, Visual C)
Ø  high level (Seperti Pascal dan Basic),
Ø  middle level (Seperti Bahasa C), dan
Ø  low level (Seperti Bahasa Assembly).

è Compiler dan Interpreter



·   Perbedaan Compiler dan intepreter


 

Intepreter

Compiler

1.

Menerjemahkan instruksi per instruksi

Menerjemahkan secara keseluruhan

2.

Soure program tidak harus ditulis lengkap

Source program ditulis lengkap

3.

Bila terjadi kesalahan kompilasi, dapat langsung dibetulkan secara interaktif

Bila terjadi kesalahan kompilasi, source program harus dibenarkan dan proses kompilasi diulang kembali

4.

Tidak menghasilkan objek program

Menghasilkan objek program

5.

Tidak meghasilkan executable program karena langsung dijalankan pada saat program diinterpretasi

Menghasilkan executable program, sehingga dapat dijalankan di keadaan prompt sistem

6.

Proses interpretasi terasa cepat, karena tiap-tiap instruksi langsung dikerjakan dan dapat dilihat hasilnya

Proses kompilasi lama, karena sekaligus menerjemahkan seluruh instruksi program

7.

Source program terus dipergunakan karena tidak dihasilkan ececutable program

Source program sudah tidak dipergunakan lagi untuk mengerjakan program

8.

Proses pengerjaan program lebih lambat, karena setiap instruksi dikerjakan harus diinterprestasikan ulang kembali

Proses pengerjaan program lebih cepat, karena executable program sudah dalam bahasa mesin

9.

Keamanan dari program kurang terjamin, karena yang selalu digunakan adalah source program

Keamanan dari program lebih terjamin, karena yang dipergunakan ececutable program.

è Tipe Pemrograman

1.  Pemrograman Prosedural  (Procedural Programming) *
·         Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang procedural.
·         Defenisi procedural adalah :
1.    Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas
2.    Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu masalah
·         Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan instruksi yang dilaksanakan satu persatu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan didalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman procedural.
·         Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C. mendukung kegiatan pemrograman procedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa procedural.
   2. Pemrograman Terstruktur (Structured Programming) *
·   Bahasa pemrograman terstruktur adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan.
·   Prosedur adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu.
·   Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.
·   Kontrol program terstruktur (Tiga tipe Bahasa pemrograman terstruktur):
3. Pemrograman Modular(Modular Programming) *
Program-program yang besar cenderung sulit terutama karena kompleksitas dari program tersebut, dan banyak bagian dengan hubungan yang rumit dan detail yang sebenarnya tidak perlu.
Salah satu metode dalam penyusunan program terstruktur adalah pemrograman modular. Dalam pemrograman modular, program dipecah-pecah ke dalam modul-modul, dimana setiap modul menunjukkan fungsi dan tugas tunggal. Dengan membagi masalah ke dalam modul-modul, maka masalah akan menjadi sederhana sehingga program dapat lebih mudah disusun dan dipahami.
·         Fungsi, Prosedur, atau kumpulan perintah-perintah dipaket menjadi suatu modul.
·         Dapat digunakan berulang-ulang, atau digunakan olah fungsi, prosedur lain dalam program.
Setiap program mempunyai sebuah modul program utama, yang mengontrol semua proses yang terjadi, termsuk mengirimkan kontrol program ke submodul untuk melakukan suatu fungsi tertentu.
Pemrograman modular diterapkan dengan menggunakan sub-routine, yaitu sebuah kumpulan perintah yang melakukan tugas pemrosesan yang terbatas.
·         Jika persoalan yang ingin dipecahkan melalui program terlalu besar, sebaiknya pemecahan masalah dilakukan secara bertahap
·         Setiap tahapan akan menghasilkan modul program
·         Setiap modul tersebut diberi nama sehingga untuk menyatakannya cukup dengan menyebut namanya
·         Deskripsi fungsional dari setiap modul adalah penting
Program yang didefinisikan modulnya dengan baik akan :
·         Mudah dibaca dan dimengerti oleh pemakai
·         Efisien, karena modul yang sama mungkin dipakai pada beberapa tahapan program.
·         Modular programming banyak dimanfaatkan oleh bahasa pemrograman OOP.

4.  Pemrograman Fungsional (Functional Programming) *
·   Suatu bahasa dimana ekspresi disusun atas fungsi panggilan (bukan pernyataan). Fungsi: perintah-perintah yang terkumpul menjadi satu dan dapat menghasilkan suatu nilai.

·   Disebut bahasa pemrograman fungsional karena memang pada program seluruh kodenya berupa fungsi-fungsi. Bahasa pemrograman fungsional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memperlakukan proses komputasi sebagai evaluasi fungsi-fungsi matematika.

·   Isi dari Program fungsional tidak mengandung pernyataan perintah.

·   Contoh bahasa pemrograman fungsional : Lisp, Scheme, ML, Haskell,  
   Erlang.

5. Pemrograman Berorientasi Objek* (OOP/Object-Oriented Programming)
Object / Objek       :  Elemen yang memiliki fungsi, metode, karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata.
Class                     :  Kumpulan Object-object yang memiliki kesamaan karakateristik.

                     

Ø  Merupakan bahasa pemrograman yang mampu memanfaatkan objek-objek yang tersedia atau membuat suatu objek tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Ø  Mampu merefleksikan kebutuhan-kebutuhan user sebagaimana lakyaknya yang ada di dunia nyata.
Ø  Relative lebih fleksibel dan mudah diadaptasikan terhadap perubahan suatu program.
Ø  Memiliki feature yang memperkuat dan meningkatkan flesibilitas suatu objek  dengan diadanya class, instance, encapsulation, inheritance, reuseability, dan polymorphism.
·   Karakteristik Bahasa Berorientasi Objek:
ü  Objek fisik:  (Mobil dalam simulasi arus lalu lintas, Pesawat terbang dalam    sistem pengontrolan lalu lintas udara)
ü  Elemen dari lingkungan : (Windows, Objek grafik ( garis, lingkaran, polygon))
ü  Penyimpanan data (array, stack, Link list, binary tree)
ü  Entitas orang (karyawan, mahasiswa, pelanggan, pasien)
Contoh bahasa pemrograman beroriantasi object : C++ , SmallTalks , Java


6. Pemrograman Visual
Bahasa Visual
      Penggunaan ekspresi visual(seperti grafik, gambar, atau ikon) yang sistematik dan mempunyai arti
      Bahasa visual adalah himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan digunakan untuk menyelesaikan masalah komunikasi di dunia.
       
Bandingkan:
Bahasa Textual mengacu pada penggunaan karakter (teks).
Bahasa tekstual konvensional hanya bekerja pada 1 dimensi karena compiler/interpreter memproses program pada satu arah saja.

Pemrograman Visual :
      “Penggunaan ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) dalam proses pemrograman”

      “Mengacu pada aktivitas yang memungkinkan pengguna untuk membuat program dalam dua (atau lebih) dimensi.
             
Bahasa Pemrograman Visual:
“Bahasa visual digunakan dalam pemrograman visual”

Visualisi:
“Penggunaan representasi visual (grafik, gambar, atau animasi) untuk menggambarkan program, data, struktur atau tingkah laku dinamis sistem yang kompleks.”

Sistem Pemrograman Visual:
“Sistem komputer yang mendukung baik pemrograman visual maupun visualisasi”
  •  Pemrograman Even-Driven (Even-Driven Programming) *


Menggunakan konsep “Jika sebuah aksi / perintah dilakukan terhadap sebuah objek, apa yang akan terjadi / dilakukan oleh objek tersebut selanjutnya.”

Sangat fleksibel dalam pembuatan koding program, karena sudah menggunakan konsep OOP dimana pemrograman dapat dimulai dari objek yang diinginkan tanpa harus terurut.

Merupakan salah jenis bahasa pemrograman yang sudah memanfaatkan GUI (Graphic User Interface).

Biasanya merupakan jenis bahas pemrograman visual.
Contoh : Visual Basic, Visual C++, Delphi, Borland Kilix

Jenis-jenis software aplikasi


Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak atau aplikasi.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dari operasi dasar ini di susun program atau perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).


KEMAMPUAN SOFTWARE
           Menurut McCall, 1997 kriteria yang mempengaruhi kualitas software terbagi menjadi tiga aspek penting yaitu :
1. Sifat-sifat operasional dari software (Product Operations);
2. Kemampuan software dalam menjalani perubahan (Product Revision)
3. Daya adaptasi atau penyesuaian software terhadap lingkungan baru (Product Transition).
        Unsur maintainability dalam pengembangan software termasuk dalam Product Operations, maintability adalah kemampuan software dalam menjalani perubahan. Setelah sebuah software berhasil dikembangkan dan diimplementasikan, akan terdapat berbagai hal yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil uji coba maupun evaluasi. Sebuah software yang dirancang dan dikembangkan dengan baik, akan dengan mudah dapat direvisi jika diperlukan. Seberapa jauh software tersebut dapat diperbaiki merupakan faktor lain yang harus diperhatikan. 
          Salah satu faktor yang berkaitan dengan kemampuan software untuk menjalani perubahan adalah Maintainability. Maintainability adalah usaha yang diperlukan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan (error) dalam software. Maintanability juga disebut sebagai pemeliharaan sistem (system maintenance).
          System maintenance atau pemeliharaan sistem dapat didefinisikan sebagai proses monitoring, evaluasi dan modifikasi dari sistem yang tengah beroperasi agar dihasilkan performa yang dikehendaki.
Menurut ISO (international organization for standarization) 9126, software berkualitas memiliki beberapa karakteristik seperti tercantum pada tabel berikut:
Tabel 1. Karakteristik software berkualitas menurut ISO 9126
Karakteristik
Sub karakteristik
Functionality :
Software untuk menjalankan fungsinya sebagimana kebutuhan sistemnya.
Suitability, accuracy, interoperability, security
Reliability :
Kemampuan software untuk dapat tetap tampil sesuai dengan fungsi ketika digunakan.
Maturity, Fault tolerance, Recoverability
Usability :
Kemampuan software untuk menampilkan performans relatif terhadap penggunaan sumberdaya.
Understanbility, Learnability, Operability, Attractiveness
Efficiency :
Kemampuan software untuk menampilkan performans relatif terhadap penggunaan sumberdaya.
Time behaviour, Resource Utilization
Maintainability :
Kemampuan software untuk dimodifikasi (korreksi, adaptasi, perbaikan)
Analyzability, Changeability, Stability, Testability
Portability :
Kemampuan software untuk ditransfer dari satu lingkungan ke lingkungan lain.
Adaptability, Installability
            Seperti yang terlihat pada tabel diatas, karakteristik Maintanability terdiri dari sub-sub karakteristik lain seperti:
  • Analyzability,
Analysability merupakan kemudahan untuk menentukan penyebab kesalahan.
  • Changeability,
Changebility merupakan kualitas lain dari Flexibility yang berarti kemudahan dilakukannya perubahan atau modifikasi terhadap software
  • Stability dan Testability.
            Tidak berarti perangkat lunak itu tidak pernah berubah. Hal ini berarti juga terdapat resiko yang kecil pada modifikasi perangkat lunak yang memiliki dampak tidak diduga.
           Berdasarkan uraian diatas maka, terdapat tiga alasan pentingnya pemeliharaan sistem atau system maintenance :
  1. Memperbaiki Kesalahan (Correcting Errors) Maintenance dilakukan untuk mengatasi kegagalan dan permasalahan yang muncul saat sistem dioperasikan. Sebagai contoh, maintenace dapat digunakan untuk mengungkapkan kesalahan pemrograman (bugs) atau kelemahan selama proses pengembangan yang tidak terdeteksi dalam pengujian sistem, sehingga kesalahan tersebut dapat diperbaiki.
  2. Menjamin dan Meningkatkan Kinerja Sistem (Feedback Mechanism). Kajian pasca implementasi sistem merupakan salah satu aktivitas maintenance yang meliputi tinjauan sistem secara periodik. Tinjauan periodik atau audit sistem dilakukan untuk menjamin sistem berjalan dengan baik, dengan cara memonitor sistem secara terus-menerus terhadap potensi masalah atau perlunya perubahan terhadap sistem. Sebagai contoh, saat user menemukan errors pada saat sistem digunakan, maka user dapat memberi umpan balik atau feedback kepada spesialis informasi guna meningkatkan kinerja sistem. Hal ini yang menjadikan system maintenance perlu dilakukan secara berkala, karena system maintenance akan senantiasa memastikan sistem baru yang di implementasikan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan penggunaanya melalui mekanisme umpan balik.
  3. Menjaga Kemutakhiran Sistem (System Update). Selain sebagai proses perbaikan kesalahan dan kajian pasca implementasi, system maintenance juga meliputi proses modifikasi terhadap sistem yang telah dibangun karena adanya perubahan dalam organisasi atau lingkungan bisnis. Sehingga, system maintenance menjaga kemutakhiran sistem (system update) melalui modifikasi-modifikasi sistem yang dilakukan.
CONTOH PENGGUNAAN SOFTWARE
Databip SMS Gateway merupakan aplikasi SMS yang bersifat dua arah (two-way SMS) yang dapat membantu perusahaan Anda dalam menjalin interaksi dengan pelanggan melalui SMS, dengan contoh-contoh penggunaan sebagai berikut:

1. Informasi Tagihan
Konsumen dapat mengetahui informasi tagihan seperti tanggal jatuh tempo, jumlah tagihan, cara pembayaran, dan Contact Center yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjutnya. Cocok digunakan untuk jenis usaha yang menerima pembayaran tagihan secara teratur, seperti Leasing, Finance, Building Management, dll. 

2. Check Point SMS
Member dapat melakukan cek point melalui SMS dan sistem akan memberitahukan point member secara real-time, hadiah yang didapat, atau dapat juga mengingatkan sisa poin untuk mencapai hadiah atau level tertentu. Sistem SMS Gateway seperti ini cocok digunakan untuk perusahaan MLM.

3. Pengiriman Laporan
Karyawan atau kantor cabang dapat mengirimkan laporan penjualan/ tagihan harian melalui SMS dengan format tertentu ke SMS Center perusahaan, dan selanjutnya data ini hanya dapat diakses oleh management perusahaan. Report yang dihasilkan dalam bentuk Ms. Excel. Cocok untuk industri retail yang umumnya memiliki banyak cabang/ outlet, ataupun perusahaan multinasional. 

4. Real Time Information
Perusahaan dapat memberikan kemudahan bagi karyawan maupun konsumennya dalam mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat, relevan, dan real time. Misalnya adalah cek posisi saham untuk perusahaan securitas, cek tanggal jatuh tempo untuk perusahaan finance, cek jadwal kapal atau tracking cargo untuk perusahaan shipping, dan sebagainya. 

5. Internal Alerts
SMS Gateway juga dapat digunakan untuk kebutuhan internal perusahaan, seperti memberikan alert kepada karyawan mengenai jadwal meeting, event, appointment, dan sebagainya. 

6. SMS Quiz
Dengan membuat SMS Quiz, maka akan terjalin hubungan yang lebih interaktif antara perusahaan Anda dengan pelanggan Anda. User yang hendak berpartisipasi dapat mengirimkan SMS registrasi dengan kode-kode tertentu, misalnya REG#data diri, sehingga perusahaan Anda dapat mengumpulkan database dan data-data pelanggan yang lebih lengkap. 





KESIMPULAN
Setelah kita mempunyai hardware komputer, maka selanjutnya kita harus memasang (menginstal) software ke komputer. Sebuah komputer tanpa adanya software tidak akan bisa berfungsi dengan baik.
Software secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software :
  1. OS (Operating System)
OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer.
OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.
  1. Aplikasi atau Program
Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, al :
1.      Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
2.      Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
3.      Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
4.      Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
5.      dan lain-lain
Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.
Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.
 
  1. Bahasa Pemograman
Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa pemograman yang digunakan saat ini adalah bahasa tingkat tinggi atau bahasa generasi ke empat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis. Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar